Mengenali adanya penipuan

Para pelaku penipuan kemungkinan besar menghubungi Anda melalui nomor telepon atau alamat email Anda. Informasi publik seperti ini mudah diperoleh. Untuk melindungi Anda agar tidak menjadi korban, kami sarankan Anda untuk meluangkan sedikit waktu untuk mendidik diri Anda tentang bagaimana orang-orang ini mencoba memperoleh informasi pribadi Anda.

Rekayasa sosial melalui telepon

Rekayasa sosial melibatkan penipuan yang memancing Anda untuk secara tidak sadar mengungkapkan informasi rahasia seperti kata sandi atau informasi pribadi. Pelaku rekayasa sosial atau penipu yang menyamarkan dirinya ini menggunakan teknik untuk menghindari upaya keamanan yang ada dengan merebut kepercayaan Anda terlebih dahulu. Mereka menggunakan pengaruh dan bujukan untuk meyakinkan Anda bahwa mereka adalah orang yang penting padahal bukan demikian. Akibat dari serangan rekayasa sosial ini mencakup penipuan, pencurian identitas atau pencurian informasi rahasia.

Berikut Yang Dapat Anda Lakukan:

  • Minta identitas lengkap orang yang meminta bantuan Anda.
  • Minta nomor telepon yang dapat dihubungi kembali setelah nomor tersebut Anda periksa.
  • Periksa kembali sebelum memberikan informasi rahasia. Jika merasa ragu, periksa setiap informasi yang diberikan orang ini sebelum Anda melakukan apa pun.

Konfirmasi identitas individu dan organisasi

Kegiatan penipuan pada awalnya sering kali tampak resmi atau menyediakan manfaat yang tampaknya sayang jika dilewatkan begitu saja. Ada individu yang berpura-pura menjadi perwakilan perusahaan yang bereputasi baik, sering kali menggunakan nama dan logo perusahaan untuk membuat usaha mereka terlihat meyakinkan.

Permintaan melalui telepon dapat menawarkan iming-iming hadiah tunai, perjalanan gratis, atau hadiah lainnya sebagai imbalan dari  informasi pribadi atau akun Anda. Iklan di surat kabar mungkin mempromosikan tarif dan penawaran khusus.Ketika Anda telepon, Anda diminta memberikan informasi pribadi atau diminta pembayaran di muka sebelum transaksi dapat diselesaikan.

Alamat email yang diperoleh dari daftar berlangganan, situs web, ruang chatting, lelang online, dll. mungkin tampak berasal dari lembaga yang Anda miliki akunnya. Surat dapat dicegat dengan mudah, dan informasinya digunakan untuk meminta informasi pribadi atau akun Anda.

Berikut beberapa cara untuk memastikan keabsahan organisasi yang mungkin Anda ikuti:

  • Hanya berlangganan ke buletin/nawala berbasis Internet dari organisasi yang Anda percayai.
  • Jangan berikan informasi pribadi atau akun melalui telepon hingga Anda benar-benar bisa memastikan identitas organisasi itu. Jika Anda menerima permintaan melalui telepon, hubungi organisasi itu kembali menggunakan nomor yang Anda tahu adalah sah.
  • Jika Anda melihat iklan pinjaman atau hipotek di surat kabar setempat, periksa sumbernya melalui Canadian Council of Better Business Bureaus (Kanada) atau Better Business Bureau (Amerika Serikat).

Kembali ke atas

Beberapa contoh kegiatan penipuan: phishing dan pharming

Kedua teknik ini dirancang untuk membujuk pelanggan agar memberikan informasi pribadi dan keuangan melalui Internet dengan menampilkan situs web yang seolah-olah resmi   dan bermerek organisasi yang tepercaya.

Penipuan phishing menggunakan email palsu atau halaman pop-up yang tampak resmi dan dirancang untuk menipu orang agar memberikan informasi pribadi atau rekening keuangan. Sering kali penipuan ini menggunakan logo atau tanda identitas lain dari perusahaan yang bereputasi baik dan meminta Anda untuk segera bertindak untuk menyediakan, memutakhirkan, atau memverifikasi informasi Anda.

Berikut adalah sebuah contoh cara penipuan ini biasa dilakukan: Anda menerima email yang tampak resmi dan lengkap dengan logo perusahaan. Email ini meminta Anda untuk mengeklik sebuah link yang diberikan di dalam isi email. Alasan permintaan dapat berbeda-beda mulai dari mengaktifkan akun karena peningkatan teknis atau mengklaim bahwa penipuan telah terjadi dengan menggunakan kartu Anda. Link yang diberikan akan membawa Anda ke situs web palsu yang meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi Anda. Mereka lalu dapat menggunakan informasi ini untuk mengakses akun online Anda atau menarik uang atau melakukan pembelian, atau bahkan membuka akun baru atas nama Anda.

Penipuan pharming terjadi ketika Anda memasukkan alamat web ke browser Anda. Alamat itu lalu akan mengarahkan Anda ke situs web palsu tanpa Anda sadari. Situs web ini seringkali tampak serupa dengan situs aslinya dan berharap dapat memperoleh informasi rahasia Anda. Penipunya seringkali menggunakan logo atau identitas lain dari perusahaan yang bereputasi baik dan meminta Anda untuk segera bertindak untuk menyediakan, memutakhirkan, atau memverifikasi informasi Anda.

Kembali ke atas

Cara melindungi diri Anda dari penipuan

  • Jika Anda tidak pernah mengikuti lotre, Anda tidak mungkin memenangkan lotre. Tidak ada undian email atau lotre yang tiketnya tidak dijual.
    Perusahaan lotre yang sah tidak akan meminta pembayaran sebelum Anda memperoleh uang Anda. Sun Life Financial, sebagai perusahaan asuransi, tidak boleh dan memang tidak mensponsori lotre.
  • Jangan mentransfer dana kepada seseorang yang tidak Anda kenal. Sun Life Financial tidak akan pernah meminta Anda mentransfer sejumlah dana.
  • Perusahaan pinjaman dan lembaga keuangan resmi tidak akan meminta Anda uang sebelum meminjamkan Anda uang.
    Sun Life Financial tidak menawarkan pinjaman pribadi.
  • Jangan setujui orang yang mau membayar lebih dari harga jual yang disepakati untuk barang atau jasa dan membayarkan kembali selisihnya.
  • Lakukan sedikit penelitian. Pastikan orang dan perusahaan yang Anda hadapi adalah sah. Informasi yang bermanfaat tersedia di sumber-sumber berita di Internet dan dengan biro-biro bisnis yang lebih baik.
  • Jika sesuatu tampaknya terlalu mustahil untuk terjadi, biasanya memang demikian.

Kembali ke atas

Pilih kawasan Sun Life yang lain

Temukan informasi hukum, privasi, keamanan, dan penipuan khusus di tempat Anda melakukan bisnis dengan Sun Life.

Pilih kawasan yang lain.